Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

This post was written by zakiakartikautami on May 3, 2012
Posted Under: Uncategorized

Apa itu Rekam Medis? Rekam Medis merupakan penjuruan baru dalam perguruan tinggi di Indonesia. Masih jarang terdapat jurusan rekam medis di setiap perguruan tinggi dan kalau ada pun masih berupa jenjang D3. Hanya beberapa perguruan tinggi yang mempunyai jenjang D4 Rekam Medis.

Banyak lowongan pekerjaan bagi perekam medis diberbagai lembaga pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit dari berbagai media cetak terutama internet. Tahun ini banyak dibutuhkan tenaga ahli rekam medis apalagi adanya gerakan Indonesia Sehat 2010. Di Indonesia hanya ada 26 perguruan tinggi atau akademik yang menyelenggarakan program studi rekam medis dan informatika kesehatandan hanya Universitas Gadjah Mada satu-satunya perguruan tinggi negeri yang memiliki program studi D3 Rekam Medis.

Rekam Medis dan Informatika Kesehatan itu penting. Rekam Medis adalah profesi yang sangat penting di bidang kesehatan, terutama ketika Undang-Undang Perlindungan Konsumen telah berjalan efektif. Kehadiran profesi ini lebih diperlukan karena tuntutan hukum telah semakin sering dilakukan terhadap dokter dan fasilitas pelayanan kesehatan.
Kegunaan Rekam Medis sangat diperlukan bagi pelayanan kesehatan terutama pada Rumah Sakit, karena dengan adanya rekam medis para dokter akan terbantu dalam memberikan pelayanannya kepada pasien.

Setiap rumah sakit tipe A harus memiliki minimal enam professional rekam medis, sedangkan rumah sakit tipe B minimal empat orang. Untuk memenuhi kebutuhan ini, sekitar 20.000 lapangan pekerjaan terbuka untuk profesinal rekam medis seluruh Indonesia. Kemungkinan bidang-bidang kesehatan yang lain mengalami kemunduran dalam penyerapan tenaga kerja, tetapi ini tidak berlaku untuk Rekam Medis.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Next Post:
Previose Post: